Kab. Kediri (MAN 3) – Saat menutup Rapat Kerja dan Evaluasi MAN 3 Kediri yang diikuti sebanyak 37 guru dan tenaga kependidikan (gtk), Jumat (5/7) Kepala Madrasah (Kamad) Jamiluddin  mengajak membuat skala prioritas. Hal itu sangat penting karena beberapa alasan di antaranya Efisiensi dan Efektivitas, Pengelolaan Sumber Daya, Peningkatan Kinerja, Mengurangi Stres dan Tekanan, Pencapaian Tujuan Strategis dan Evaluasi dan Pembelajaran Berkelanjutan.

Menurut Kamad, terkait dengan Efisiensi dan Efektivitas, madrasah dapat fokus pada tugas-tugas yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu. Ini memastikan bahwa sumber daya (waktu, tenaga, dan biaya) digunakan secara optimal untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kemudian, Pengelolaan Sumber Daya yang tersedia sering kali terbatas. Dengan menentukan prioritas, madrasah dapat mengalokasikan sumber daya secara lebih bijak, menghindari pemborosan, dan memastikan bahwa proyek yang paling penting mendapatkan perhatian yang cukup.

Setelah itu, Peningkatan Kinerja. Prioritas yang jelas membantu semua pihak yang terlibat untuk memahami apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, mengurangi kebingungan, dan meningkatkan produktivitas. Hal ini juga memungkinkan pengukuran kinerja yang lebih terstruktur dan terarah.

Selain itu, Mengurangi Stres dan Tekanan. Dengan memiliki daftar prioritas, gtk madrasah dapat bekerja dengan lebih tenang karena mereka tahu apa yang harus difokuskan terlebih dahulu. Ini mengurangi perasaan kewalahan dan membantu dalam manajemen waktu yang lebih baik.

Tidak kalah pentingnya, Pencapaian Tujuan Strategis, madrasah dapat memastikan bahwa semua kegiatan dan proyek yang dilaksanakan sejalan dengan tujuan strategis jangka panjang. Ini membantu dalam mencapai visi dan misi madrasah secara keseluruhan.

Terakhir, Evaluasi dan Pembelajaran Berkelanjutan. Skala prioritas memudahkan proses evaluasi karena fokusnya lebih jelas. Hasil dari implementasi prioritas dapat dievaluasi secara lebih efektif, memberikan wawasan untuk perbaikan berkelanjutan dan penyesuaian strategi di masa depan.

“Membuat skala prioritas adalah langkah penting dalam manajemen madrasah yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua keputusan dan tindakan yang diambil mendukung pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien,” tandasnya. (EW)