Kab. Kediri (MAN 3) – Rapat Kerja dan Evaluasi (Rakerev) MAN 3 Kediri, Kamis (4/7) seharusnya berorientasi pada Iklim Lingkungan Belajar, Kinerja Guru dan Hasil Belajar. Hal itu disampaikan Pengawas Yaqutatun Hamroh usai acara dibuka Kepala Madrasah Jamiluddin. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Komite Choirul Umam diikuti sebanyak 37 peserta guru dan tenaga kependidikan (gtk) MAN 3 Kediri.
Menurut Yaqut, rakerev madrasah yang berorientasi kepada Iklim Lingkungan Belajar, Kinerja Guru, dan Hasil Belajar merupakan suatu forum penting bagi para pemangku kepentingan di madrasah, termasuk kepala, gtk, dan komite madrasah, berdiskusi untuk merumuskan dan mengevaluasi strategi serta program yang mendukung pencapaian tujuan pendidikan.
Iklim Lingkungan Belajar meliputi Fasilitas dan Infrastruktur, Kebijakan dan Prosedur Madrasah dan Interaksi Sosial dan Emosional.
Mengevaluasi kondisi fasilitas madrasah seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium. Mencari cara untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan.
Kebijakan dan Prosedur Madrasah adalah mengembangkan kebijakan yang mendukung lingkungan belajar yang inklusif dan kondusif. Misalnya, kebijakan anti-bullying, disiplin positif dan kebijakan keterbukaan.
Interaksi Sosial dan Emosional, mendorong program-program yang meningkatkan keterampilan sosial dan emosional siswa-siswi, seperti program mentor, konseling, dan kegiatan ekstrakurikuler.
Kinerja Guru terdiri dari Pengembangan Profesional, Evaluasi Kinerja, Motivasi dan Penghargaan.
Pengembangan Profesional dalam hal ini adalahmerencanakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pengajaran dan manajemen kelas.
Evaluasi Kinerja,menetapkan metode evaluasi yang adil dan transparan untuk menilai kinerja guru, termasuk pengamatan kelas, umpan balik dari siswa dan rekan kerja, serta hasil belajar siswa.
Motivasi dan Penghargaan, mengembangkan sistem penghargaan dan insentif untuk mengapresiasi guru yang berprestasi dan berdedikasi.
Hasil Belajar Siswa meliputi Kurikulum dan Metode Pengajaran, Asesmen dan Evaluasi dan Program Remedi dan Pengayaan.
Kurikulum dan Metode Pembelajaran adalahmengevaluasi dan memperbarui kurikulum serta metode pembelajaran agar lebih relevan dan efektif sesuai kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Asesmen dan Evaluasi,merancang alat evaluasi yang komprehensif untuk mengukur kemajuan belajar siswa, baik secara akademik maupun non-akademik.
Program Remedi dan Pengayaan, mengembangkan program untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar serta program untuk siswa yang memerlukan tantangan tambahan.
“Rakerev MAN 3 Kediri adalah alat penting untuk memastikan bahwa madrasah berjalan sesuai dengan visi dan misinya. Dengan perencanaan yang baik dan evaluasi yang teratur, madrasah dapat mencapai peningkatan berkelanjutan dalam kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa,” pungkasnya. (EW)