Kab. Kediri (MAN 3) – Pada acara pembagian buku rapor kepada wali murid kelas X dan XI, Selasa (18/6)  dalam sambutannya, Kepala MAN 3 Kediri, Jamiluddin menyampaikan pentingnya akhlakul karimah.

“Bapak dan ibu wali murid, Alhamdulillah, putra-putri panjenengan naik kelas semua. Kita bertekad anak-anak setelah tamat dari MAN 3 bisa membaca Al-Quran dan berakhlakul karimah,” tandasnya.

Kemampuan membaca Al-Quran dan memiliki akhlakul karimah (budi pekerti yang baik) adalah dua hal yang sangat penting. Al-Quran adalah pedoman utama dalam kehidupan seorang muslim. Allah SWT berfirman bahwa Al-Quran sendiri adalah petunjuk bagi umat manusia.

“Membaca Al-Quran tidak hanya membantu seseorang memahami agama Islam secara mendalam, tetapi juga menguatkan iman, meningkatkan kecintaan kepada Allah, serta memberi petunjuk dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Selain itu, akhlakul karimah mengacu pada perilaku yang baik, sopan santun, dan budi pekerti yang mulia. Memiliki akhlakul karimah membantu menjaga hubungan yang baik dengan Allah SWT dan sesama manusia, serta membangun masyarakat yang harmonis dan penuh kasih sayang.

Kedua hal ini saling melengkapi dalam membentuk pribadi muslim yang baik dan bertakwa. Membaca Al-Quran memberi dasar ilmu agama yang kuat, sementara akhlakul karimah mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan demikian, penting bagi kita untuk berusaha dalam meningkatkan kedua aspek ini agar dapat hidup sesuai dengan ajaran Islam dan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” pungkasnya.

Pada acara tersebut, Jamiluddin juga memberikan penghargaan kepada siswa-siswi juara di kelasnya, maupun juara secara paralel. Usai acara, wali murid menuju ke kelas untuk menerima buku rapor yang diserahkan oleh wali kelas putra-putrinya. (EW)