Kab. Kediri (MAN 3) – Masih dalam rangkaian memperingati hari pahlawan 2023, MAN 3 Kediri menggelar lomba drama dan pidato bahasa Jawa dengan tema nasionalisme dan patriotisme, Senin (13/11) di aula serbaguna madrasah jalan Jombang Kandangan Kabupaten Kediri.

Waka Humas Eko Wahyudin mengungkapkan, lomba drama dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme serta kesadaran bahwa untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan tidaklah mudah. Para pahlawan rela berkorban harta, jiwa bahkan nyawa mereka demi merebut kemerdekaan Indoesia.

“Dengan bermain drama, siswa-siswi bisa merasakan dan menjiwai aksi heroik para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Dengan begitu diharapkan mampu menyentuh sisi emosi mereka, sehingga mereka akan meneladani karakter dan semangat juang para pahlawan,” ujar Eko.

Adapun pemenang lomba drama adalah juara I kelas X dan juara II kelas XI. Sedangkan pemenang lomba pidato bahasa Jawa adalah juara I Fauqiyatul Ulum Ridha kelas X-F, juara II Mutiara Ramadhani kelas X-B dan  juara III Ayunda Salsabila kelas XI-C.

Terkait dengan lomba pidato bahasa Jawa, Plt. Kepala MAN 3, Hadi Suseno menegaskan pentingnya melestarikan bahasa, sastra dan budaya Jawa dalam menghadapi arus modernisasi revolusi industri 4.0. Menurutnya, penggunaan bahasa bahasa Jawa formal masih sangat penting dan dibutuhkan di jaman sekarang.

“Penguasaan materi bahasa Jawa oleh generasi muda di jaman sekarang sudah sangat kurang, maka lomba pidato berbahasa Jawa ini selain untuk melestarikan bahasa Jawa juga sebagai sarana untuk mengasah kemampuan siswa-siswi dalam berbahasa Jawa,” pungkasnya. (EW)