Kab. Kediri (MAN 3) – Sebanyak 414 siswa-siswi kelas XII MAN 3 Kediri antusias menyambut Expo Campus 2023 di Aula Serbaguna Madrasah Jalan Jombang Kandangan, Sabtu (21/1).

Menurut Putri Bulan Salsabila kelas XII MIPA 2, Campus Expo adalah event untuk mengenalkan kampus beserta fasilitas-fasilitas yang tersedia kepada para siswa-siswi. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat, apalagi bagi teman-teman yang masih bingung mau mengambil jurusan perkuliahan. Sebagai siswa kelas XII, pengetahuan mengenai perguruan tinggi sangat penting. Jika tidak mendapatkan informasi, kita bisa bingung dan ketinggalan informasi yang penting.

“Dengan kegiatan ini, pandangan kita mengenai perguruan tinggi akan lebih banyak, sehingga kita bisa memilih sesuai dengan bakat dan minat kita,” ungkapnya.

Aan Masruhan kelas XII IPS 2 berpendapat, Campus Expo adalah kegiatan penyaluran wawasan dalam dunia perkuliahan. Hal ini sangat penting bagi siswa-siswi karena mereka masih bingung mau melanjutkan kuliah ke mana setelah lulus ini.

“Sekarang bisa  mengetahui tentang dunia kampus melalui Campus Expo ini,” terangnya.

Laili Nurin Nabila kelas XII Bahasa mengatakan, Campus Expo merupakan event yang ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi terutama kelas XII, karena memfasilitasi mereka untuk menentukan pilihan setelah lulus dari madrasah. Selain informasi perkuliahan mereka mendapatkan informasi mengenai beasiswa, dunia karir dan lain-lain.

“Kegiatan ini sangat membantu  siswa-siswi untuk menyusun planning terkait pilihan lanjutan setelah lulus,” ujarnya.

 Hal senada disampaikan Bilqiis Nuha Rosyadah kelas XII IIK 1. Menurutnya, Campus Expo merupakan ajang promosi kampus oleh para alumni. Kegiatan yang bertujuan mengenalkan perguruan tinggi yang dapat menjadi pilihan siswa-siswi untuk melanjutkan studinya.

Kegiatan ini berguna dan bermanfaat untuk masa depan, membukakan pandangan teman-teman setelah lulus dari madrasah. Kita  juga akan tahu jurusan-jurusan yang ada di kampus impian, dan dapat memilihnya dengan tepat.

Campus Expo juga mengenalkan dunia kerja. Ini bermanfaat sekali untuk masa depan karena membuat kita berpikir bagaimana supaya masa depan kita terarah,” ungkapnya.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Waka Kesiswaan M. Nurul Mukhlishin tersebut diikuti sebanyak 40 kampus Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kepala MAN 3 Kediri, Moh. Maksun mengapresiasi Campus Expo yang semakin baik dari tahun ke tahun. Ia berterima kasih kepada alumni yang menginisiasi kegiatan itu. Hal tersebut penting untuk memberi semangat adik-adik kelas XII.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar. Ini adalah promosi dari perguruan tinggi sehingga anak-anak kelas XII bisa melihat dari dekat lebih jelas dan paham, sehingga ke depan tidak bingung dan salah memilih jurusan dan perguruan tinggi,” pungkasnya. (AF/EW)