Kab. Kediri (MAN 3) – Guru Fisika Ifa Hidayah dan Siswi Elhala Nur Habibah kelas X F MAN 3 Kediri Juara 3 dan 2 Lomba Menulis HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 menerima penghargaan di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Selasa (6/12).

Ifa bersyukur atas anugerah yang diberikan, ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung  dan memberikan apresiasi.

“Alhamdulillah, dengan penghargaan ini semoga bisa lebih memotivasi dan semangat untuk menghasilkan karya-karya berikutnya,” ujar Ifa yang juga Guru Madrasah Berprestasi Nasional 2021.

Ifa mengungkapkan, pada lomba menulis esai tersebut, ia menulis dengan judul Implementasi Kurikulum Merdeka (Kumer) dan Pendidikan Inklusi. Ia  menguraikan tentang Kumer, prinsip merdeka belajar dan mengajar, pengaruh Kumer dalam mendukung sekolah inklusi, dan kondisi ideal.

Selain itu, ia menyoroti kenyataan implementasi Kumer yang ada di sekolah dan madrasah, permasalahan-permasalahan yang dihadapi, peran guru dalam Kumer, serta upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada. Ia menulis sekitar  900 kata  sebanyak 4 halaman dan membutuhkan waktu selama 2 hari.

Sedangkan Siswi Elhala Nur Habibah kelas X F pada lomba itu menulis surat sesuai tema yang telah ditentukan kepada salah satu guru. Sebanyak 3 tema ditawarkan, yakni Terima kasih Guruku, Pengalaman Belajar Terbaik Bersama Guruku, dan Yang Paling Kusuka dari Guruku Ketika Mengajar.

Peserta lomba tersebut adalah siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK yang berada di wilayah Kabupaten Kediri. Surat yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia, naskah surat maksimal 2 halaman F4 dan di-upload berbentuk pdf.

Elhala saat menulis surat membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Mulai dari jam 8 hingga setengah 9 malam, mengejar deadline karena sebenarnya ia baru mengetahui lomba itu  dari  teman-teman MTsN 7 Kediri sesama penulis. Menurutnya, urusan menang dan kalah tidak terpikirkan.

“Alhamdulillah. Terima kasih kepada keluarga, teman-teman serta guru MAN 3 Kediri atas dukungannya. Tidak lupa guru yang kepada beliau, saya mengirim surat, bapak Maghfur Qumaidi. Terima kasih atas jasanya,” ungkap Elhala yang pernah menjadi juara 2 tingkat nasional gerakan sekolah menulis buku 2021.

Pada saat bersamaan, Kepala Kankemenag Kab. Kediri, Achmad Fa’iz turut mengapresiasi prestasi guru dan siswi MAN 3 Kediri tersebut. Ia berpesan untuk tetap terus dan bersemangat dalam berkarya.

Kepala MAN 3 Kediri, Moh. Maksun mengapresiasi prestasi tersebut. Menurutnya, budaya menulis merupakan suatu kebiasaan untuk menyampaikan pesan, menyampaikan pendapat dan membuat dokumentasi. Dengan menulis kita akan mempunyai kebiasaan menyampaikan pendapat sistematis. Menulis juga merangsang kreativitas. Dengan menulis, maka akan memunculkan ide-ide segar.

“Alhamdulillah, selamat dan sukses bu Ifa dan ananda Elhala, semoga prestasi ini dapat menginspirasi guru dan tenaga kependidikan serta siswa-siswi MAN 3 Kediri,” pungkasnya. (EW)