Kab. Kediri (MAN 3) – Siswi MAN 3 Kediri, Adinda Rena Azzahra kelas XI PK 1 dan  Chyntia Rahma Trianingsih kelas XI PK 2  menyabet juara 2 Qiroatus Syiri dan Ghina Araby se-Jawa, Bali dan NTB IAIN Kediri. Hal itu disampaikan Guru Pembina Hulil Albab, Senin (7/11). Lomba secara online tersebut berlangsung, Jumat-Sabtu (4-5/11).

Adinda dan Chyntia merupakan santriwati Mahad Ar-Ridwan MAN 3 Kediri. Awal mulanya, mereka ditawari oleh Ustaz Hulil selaku pembina bahasa Arab di mahad untuk ikut lomba Qiroatus Syiri dan Ghina Araby. Kemudian, mereka mendaftar secara online dibantu Ustazah Anis Fitria, Musrifah Mahad Putri.

Setelah itu, mereka mulai berlatih di madrasah dan mahad. Kebetulan untuk Syiir dengan judul Qosidatu Abi oleh Mahmud Darwis sudah hafal di luar kepala kerena sudah pernah berlomba sebelumnya di UIN Malang Oktober lalu dan menduduki rangking 14 nasional. Sehingga, untuk event tersebut latihannya sudah maksimal dan siap tampil kembali.

Setelah pengambilan video dan dikirim ke Youtube serta dinilai oleh kuri secara online,  akhirnya mereka meraih juara 2. Begitu juga dengan Ghina Araby, Chyntia sebelumnya pernah mengikuti lomba yang sama di UIN Malang  Oktober lalu dan meraih juara 1 nasional.

Alhamdulillah, MANPK berprestasi. Ini sesuai dengan program yang terdapat di MAN PK atau di Mahad Ar-Ridwan MAN 3 Kediri yang menekankan skill pengembangan bahasa Arab dengan wajib berbahasa di mahad dan madrasah serta dengan pelatihan-pelatihan skill bahasa Arab, seperti Khitobah, Qiroatus syiri, MC, Ghina, Masrahiyyah, Nge-vlog Arabiyah, Insya dan Khot,” terang Hulil.

Kepala MAN 3 Kediri, Moh. Maksun melalui Waka Humas Eko Wahyudin mengapresiasi prestasi tersebut. Menurutnya, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional yang diresmikan oleh organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB yaitu UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tanggal 18 Desember 1973 dan menjadi bahasa ke-6 dari urutan bahasa internasional UNESCO dari 22 bahasa negara lainnya.

Alhamdulillah, selamat dan sukses untuk ananda Adinda dan Chyntia beserta pembimbingnya. Kalian memang luar biasa, buatlah sensasi dengan berprestasi,” pungkasnya. (EW)