Kab Kediri (MAN 3) – Dalang Ki Irza Siswa MAN 3 Kediri dinobatkan sebagai juara III Festival Budaya Daerah Nusantara Night Show IPPNU Jatim, Ahad (23/10) di Gedung PWNU Surabaya. Siswa bernama lengkap Muhammad Zeharuddin Irza Farabbi merupakan peserta didik kelas XII Bahasa.

Irza mengatakan, dirinya pertama-tama mengikuti lomba tersebut secara online, kemudian dia masuk top ten peringkat pertama. Saat lomba secara offline di Surabaya, Irza mengajak sebanyak  8 orang panjak dan seorang sinden dan akhirnya menduduki peringkat III.

“Alhamdulillah, terimakasih atas bantuan doa dan fasilitas sehingga kami bisa sampai sini dan juara, semoga barokah,” ungkapnya.

Irza mengangkat lakon “Dewa Ruci” dengan durasi 20 menit yang berisi tentang perjuangan seorang murid yang mengikuti perintah gurunya untuk mencari jatidiri.

Kepala MAN 3 Kediri, Moh. Maksun melalui Waka Humas Eko Wahyudin mengapresiasi prestasi tersebut. Menurutnya, wayang kulit merupakan kesenian adi luhung yang diakui keberadaannya oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Oleh sebab itu, wayang menjadi kesenian kebanggan tidak saja bagi masyarakat Jawa tetapi juga Indonesia pada umumnya.

“Alhamdulillah, selamat dan sukses untuk Dalang Ki Irza, jadilah generasi muda yang bisa tetap menjaga dan melestarikan tradisi serta budaya bangsa, salah satunya adalah wayang kulit,” pungkasnya. (EW)