Kab. Kediri (MAN 3) – Memperingati Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam 1444 H, MAN 3 Kediri menggelar Khotmil Quran dan Istighosah di madrasah jalan Jombang Kandangan Kabupaten Kediri, Senin (1/8). Acara tersebut diawali dengan  salat Duha, kemudian Khotmil Quran dilaksanakan di 38 kelas dengan didampingi oleh wali kelas.

Waka Humas Eko Wahyudin mengungkapkan, tujuan peringatan  tersebut diantaranya untuk memperingati hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke kota Madinah yang kemudian digunakan sebagai awal tahun baru Hijriyah, 1 Muharam tahun 1 bertepatan dengan tahun 622 Masehi. Dengan acara itu diharapkan keluarga besar MAN 3 Kediri dapat menghayati dan mengambil makna hijrah tersebut untuk diamalkan secara lebih luas dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita tingkatkan akhlakul karimah di era digital ini untuk menuju kehidupan mandiri dan berprestasi,” imbaunya.

Setelah M. Agus Aris Maulansyah memimpin doa khotmil Quran, acara dilanjutkan dengan Istighosah dengan imam K.H. Abdur Rosyad dirangkai dengan tumpengan di aula Serbaguna MAN 3 Kediri.

Kepala MAN 3 Kediri, Moh Maksun menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai proses pembentukkan karakter, diantaranya adalah adanya pengenalan, pemahaman, penerapan, pembiasaan, pembudayaan, Internalisasi menjadi karakter.

Melalui pendidikan karakter ini diharapkan dapat dilahirkan manusia yang memiliki kebebasan untuk menentukan pilihannya, tanpa paksaan, disertai rasa penuh tanggung jawab. Yaitu manusia-manusia yang merdeka, dinamis, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab terhadap Tuhan, diri sendiri, manusia, masyarakat, bangsa dan negara.

“Ini  penting untuk bekal di kemudian hari nanti supaya menjadi anak-anak yang salih dan salihah,” pungkasnya. (EW)