Kab. Kediri (MAN 3) – Marching Band Gita Nuansa Amanda (GNA) MAN 3 Kediri dipercaya menjadi korps musik (korsik) upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Pemkab Kediri di halaman belakang pemkab, Jumat (13/5).

Kepala MAN 3 Kediri, Moh Maksun melalui Waka Humas Eko Wahyudin menuturkan, GNA menurunkan sebanyak 27 pemain dan 5 ofisial pada upacara yang seharusnya dilaksanakan 2 Mei 2022 tersebut ditunda karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama.

“Alhamdulillah, meskipun anak-anak sudah lama tidak memegang alat tetapi tampil dengan baik. Untuk itu, terima kasih Pemkab Kediri atas kepercayaannya, bapak dan ibu guru pendamping serta anak-anak personel GNA,” ungkapnya.

Upacara dipimpin langsung Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana diikuti oleh jajaran Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan Kepala Dinas. Peserta yang hadir merupakan perwakilan pegawai di pemkab serta perwakilan siswa-siswi dari beberapa sekolah.

Bupati Kediri  menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim bertema Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar.

Penerapan kurikulum merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

Isi sambutan diantaranya, kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Hal ini berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

“Walaupun pendidikan terbaik adalah di rumah tetapi pendidikan berkualitas tetap dengan bertatap muka. Semoga pandemi ini segera berlalu dan menjadi endemi,” pungkasnya. (EW)