Kab. Kediri (MAN 3) – Ifa Hidayah, Guru Fisika MAN 3 Kediri dinobatkan sebagai Nominator Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Berprestasi 2021, Senin (15/11).

Perlu diketahui, Anugerah GTK Madrasah Berprestasi 2021 bertujuan untuk memotivasi GTK di lingkungan Kemenag agar semakin profesional, mampu mengembangkan kompetensi sesuai dengan kapasitasnya, memberikan apresiasi serta pengakuan terhadap guru, kepala, pengawas, laboran, dan GTK lainnya di RA dan Madrasah.

Alhamdulillah wa syukurillah. Setelah melalui beberapa tahap, akhirnya diumumkan 5 besar grand final nasional. Mohon doa restunya, semoga diberi kemudahan, kelancaran dan keberkahan serta hasil terbaik untuk tahap berikutnya,” tutur Ifa yang juga Fasilitator Provinsi (Fasprov) dan Youtuber dengan tautan kanal youtube-nya https://www.youtube.com/channel/UC3bIkmWhd_-cnOT98Yaaptw.

 Ifa mengaku, ia  mengikuti kompetisi bergengsi tersebut dengan mendaftarkan lewat link dan mengirim seluruh portofolio yang diminta serta membuat karya tulis ilmiah dalam bentuk  makalah pembinaan prestasi siswa.

Peserta guru MA yang memenuhi persyaratan sebanyak 150 orang. Kemudian Seleksi Tahap 1, yang lolos sebanyak 137 guru.  Kemudian,  seleksi tahap 2, yang penilaian meliputi portofolio dan karya ilmiah. Nilai akumulatif, diambil 5 skor tertinggi, sehingga terseleksi 5 besar nasional melaju ke grand final.

Selanjutnya grand final untuk 5 besar semua kategori akan diseleksi melalui presentasi, 23 hingga 26 November mendatang di Jakarta. Setiap  kategori dimbil juara 1,2,3, dan 2 harapan 1 dan 2.

Hingga berita ini diturunkan, Ifa sedang menyiapkan Presentasi KTI, Penguasaan Materi Moderasi Keberagamaan, Karya Inovasi, Penguasaan Bahasa Asing (Bhs Inggris dan Arab)

“Nilai akhir diperoleh dari 35 % nilai seleksi tahap 2, 50% presentasi KTI, 15%  ketrampilan Bahasa Asing (Arab dan Inggris), Pemahaman Moderasi Beragama dan Karya Inovasi,” imbuh Ifa.

Kepala MAN 3 Kediri, Moh. Maksun bersyukur dan mengapresiasi prestasi Guru Fisika Ifa Hidayah.

Alhamdulillah, ini untuk perjuangan awal sehingga masih perlu lagi untuk meningkatkan persiapan menuju grand final nanti, sehingga mendapat yang terbaik demi nama baik  MAN 3 Kediri, Kamenag Kabupaten Kediri dan Kementerian Agama  Wilayah  Provinsi Jawa Timur,” pungkasnya. (Eko W)