Kab. Kediri (MAN 3) – Ani Mutadayyinah Guru MAN 3 Kediri menyajikan Ice Breaker pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris di MAN 2 Kediri, Selasa (9/11).

Pada kesempatan itu, Ani mengajak 29 peserta MGMP memainkan Ice Breaker  the Name of… yang bertujuan untuk mengatasi kebosanan dan memperkaya kosakata.

“Everybody, clapping hands 3x,  I want to ask, clapping hands 3x, The name of Animals/historical places/fruits/vehicles/etc, clapping hands 3x,” serunya.

Saat Ice Breaker  tersebut terhenti, ada 2 pilihan yakni sanksi dan poin partisipasi. Bagi yang terhenti mendapat sanksi yang bersifat menghibur seperti menyanyi, membaca puisi, dan lain-lain. Yang bertahan 3 terakhir mendapat poin partisipasi.

Dalam satu kelas, dibagi menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 6 siswa. Siswa yang terhenti pertama mendapat nilai 75, yang terhenti kedua 80, dan seterusnya hingga siswa yang bertahan terakhir mendapat nilai 100.

Jika masih ada waktu, tiap siswa yg bertahan terakhir (yang mendapat nilai 100) di masing-masing grup dikumpulkan menjadi satu, dan bermain lagi di babak final. Game ini menjadikan anak-anak antusias dan bersemangat menambah vocabulary.

Game ini bisa digunakan untuk tambahan metode pembelajaran semua KD tinggal menyesuaikan kebutuhan,” jelas Ani yang hadir bersama M. Rofi’i, Siti Malikah, Eko Wahyudin, Eti Kusuma Dewi dan Agus Darminto Guru Bahasa Inggris MAN 3 Kediri.

Perlu diketahui, peserta kegiatan tersebut terdari dari guru Bahasa Inggris MAN 1, 2, 3, 4 dan 5 serta MA Al-Hikmah, Ma’arif, Al-Fatah, Sunan Ampel, Sejahtera dan Hidayatus Sholihin dengan Fasilitator Daerah (Fasda) Andi Sulistio. (Eko W)