Kab. Kediri (MAN 3) – Asesmen Nasional (AN) Guru MAN 3 Kediri, Senin (27/9) dengan peserta sebanyak 54 orang berjalan lancar. Hal itu disampaikan Waka Kurikulum M. Nurul Mukhlishin.

“Alhamdulillah, pelaksanaan AN bagi guru berjalan lancar dan sesuai harapan. Dengan alokasi waktu dua hari, Senin-Selasa (27-28/9), Bapak dan Ibu Guru sudah menyelesaikan pada hari pertama,” jelas Nurul, Alumnus S3 UIN Malang.

Perlu diketahui, Survei lingkungan Belajar yang menjadi materi AN Guru. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan data tentang iklim keamanan dan iklim kebinekaan di sekolah yang merupakan prakondisi terjadinya pembelajaran. Selain itu, survei tersebut juga mengukur kualitas pembelajaran dari perspektif siswa, guru, dan kepala sekolah.

“AN sangat penting , karena bisa sebagai evaluasi untuk  memperbaiki proses belajar mengajar guru. Selain itu, bisa untuk mengidentifikasi kebutuhan sekolah,” ungkap Ifa Hidayah, Guru Fisika MAN 3 Kediri yang juga Fasilitator Provinsi dan Youtuber.

Kepala Madrasah (Kamad) MAN 3 Kediri, Moh. Maksun menuturkan, AN diantaranya untuk membuat program peningkatan kompetensi guru menjadi lebih terarah. Tujuannnya, untuk meningkatkan kompetensi guru. Asesmen tersebut akan memberikan refleksi bagi guru supaya mengetahui kekurangannya.

“Sehingga, guru mampu meningkatkan kompetensi dengan melakukan perbaikan kompetensi baik oleh dirinya sendiri maupun dengan bantuan pihak lain dalam peningkatan profesionalitas,” pungkas Kamad. (Foto Fauzi/Eko W)