Kab. Kediri (MAN 3) – Sebanyak 45 peserta didik kelas XI MAN 3 Kediri mengikuti Asesmen Nasional (AN) di Labkom Lantai 2 Madrasah Jalan Jombang Kasreman Kandangan Kabupaten Kediri, Senin-Selasa (27-28/9).

Waka Kurikulum M. Nurul Mukhlishin menjelaskan, untuk kelancaran AN, MAN 3 Kediri menggunakan 2 ruang labkom dan melibatkan 5 proktor dan teknisi. Peserta didik yang mengikuti AN mendapatkan dispensasi tidak mengikuti pembelajaran.

“Bapak dan Ibu Guru sebanyak 54 orang yang menjadi peserta AN, mengisi survei lingkungan belajar setelah jam 10,  link akan disampaikan sebelum pelaksanaan,” imbuh Nurul.

Kepala Madrasah (Kamad) MAN 3 Kediri, Moh. Maksun menuturkan, AN adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Menurut Maksun,  kebijakan pergeseran dari UN ke AN  tampak secara bertahap. Mulai dengan perubahan fungsi UN, dari penentu kelulusan, perubahan menjadi pemetaan mutu pendidikan .

“Saya berharap dengan adanya perubahan UN ke AN ini pendidikan akan lebih baik lagi, secara umum suluruh siswa-siswi Indonesia dan  khususnya, MAN 3 Kediri,” pungkas Kamad. (Foto Matsna/Eko W)