MAN 3 Kediri Sosialisasikan AKM

Kab. Kediri (MAN 3)- MAN 3 Kediri mensosialisasikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) kepada siswa-siswi kelas XI via zoom dari Meeting Room Madrasah Jalan Jombang Kasreman Kandangan, Jumat (20/8).

Kepala Madrasah (Kamad) Moh. Maksun menyampaikan, AKM merupakan salah satu komponen Asesmen Nasional (AN) dimaksudkan untuk pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, program kesetaraan jenjang dasar dan menengah.

Mutu diukur dengan menggunakan tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif), Survei Karakter (mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar non-kognitif), dan 3) Survei Lingkungan Belajar (mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran).

Kamad mengingatkan, pelaksanaan AN di bulan September, MAN 3 Kediri akan mengadakan uji coba (try out), dilaksanakan pada Kamis 26 Agustus 2021.

“Saya berpesan kepada anak-anak,  untuk tetap semangat belajar, karena untuk asesmen nasional akan diambil 40 siswa inti dan 5 siswa cadangan,” jelas kamad.

Sejalan dengan kamad, Waka Kurikulum M. Nurul Mukhlishin menambahkan, peserta asesmen nasional adalah murid/warga belajar, guru, dan kepala satuan pendidikan.

Murid/warga belajar. Untuk persekolahan peserta adalah sampel siswa kelas 5, 8, dan 11 (dipilihsecara acak). Untuk pendidikan kesetaraan peserta adalah warga belajar kelas 6, 9, dan 12 yang memerlukan. Setiap peserta mengerjakan AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Guru. Semua guru mengerjakan Survei Lingkungan Belajar secara mandiri dan Kepala Satuan Pendidikan. Semua kepala satuan pendidikan mengerjakan Survei Lingkungan Belajar secara mandiri.

Dari pelaksanaan asesmen nasional ini, Informasi yang akan diperoleh dari AKM Literasi-Numerasi adalah hasil belajar kognitif, Survei Karakter adalah hasil belajar sosio-emosional, Survei Lingkungan Belajar adalah karakteristik input dan proses pembelajaran.

“Hal ini untuk merumuskan hipotesis penyebab tinggi-rendahnya output pembelajaran di sekolah atau madrasah,” pungkas waka kurikulum yang bergelar Doktor dari UIN Malang. (Eko Wahyudin)

Respond For " MAN 3 Kediri Sosialisasikan AKM "

Sorry, comments are closed for this post.