Kamad MAN 3 Kediri Sampaikan Pentingnya Pendidikan Vokasi pada Workshop Online

Kab. Kediri (MAN 3)- Kepala Madrasah (Kamad) MAN 3 Kediri Moh. Maksun menyampaikan pentingnya pendidikan vokasi pada workshop online yang bersinergi dengan LP3I Kediri. Pesan tersebut ia sampaikan dari Meeting Room Madrasah Jalan Jombang Kandangan, Rabu (20/1).

Pada acara yang diikuti sebanyak 140 siswa-siswi MAN 3 tersebut, Kamad menjelaskan, pendidikan vokasi merupakan program pendidikan kepada siswa-siswi agar memiliki keahlian khusus di bidang yang ditekuninya sehingga ke depannya bisa menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia kerja.

“Ini sejalan dengan MAN 3 Kediri yang merupakan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan madrasah plus keterampilan,”jelasnya.

Masih menurut Kamad, pendidikan vokasi mengacu kepada penguasaan keahlian terapan tertentu. Dengan demikian, pendidikan terapan menekankan banyak praktik daripada teori.

“Di MAN 3 ada keterampilan Tata Boga, Busana, Kecantikan, Desain Grafika dan Otomotif yang mengakomodir siswa-siswi untuk siap kerja,” ungkap Kamad.

Kamad menambahkan, Memasuki era revolusi industri 4.0 ini, Indonesia ditantang untuk siap menghadapi perubahan dalam berbagai sektor. Karena saat ini sudah memasuki era serba digital, untuk itu madrasah plus keterampilan diharapkan mampu menguasai praktik sesuai bidangnya di lapangan dalam dunia indsutri. Tumbuh pesatnya revolusi industri 4.0 ini, bukan lagi persaingan antar tenaga kerja manusia, tetapi juga dengan teknologi.

“Kebutuhan industri terhadap tenaga kerja muda, cekatan, dan terampil sangatlah tinggi. tak hanya itu, dunia industri juga membutuhkan tenaga kerja dengan sikap yang baik, siap dengan perubahan, inovatif serta memiliki daya tahan tinggi,” pungkas Kamad. (Foto LP3I/Eko Wahyudin)

Respond For " Kamad MAN 3 Kediri Sampaikan Pentingnya Pendidikan Vokasi pada Workshop Online "

Sorry, comments are closed for this post.