Upacara HAB ke-75 Kemenag di MAN 3 Kediri, Menag: Indonesia Rukun

Kab. Kediri (MAN 3) – Upacara Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) di MAN 3 Kediri Jalan Jombang Kasreman Kandangan Kabupaten Kediri, Selasa (5/1), Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan diantaranya, Indonesia Rukun.

Amanat Menag yang dibacakan Siti Umroh (Guru Bahasa Arab) dalam upacara yang diikuti sebanyak 80 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN 3 Kediri menerapkan protokol kesehatan.

Mengutip diantara isi Amanat Menag, Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju.

Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia. Pengembangan toleransi dan kerukunan antarumat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa.

Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri.

“Dewasa ini, kita mengembangkan moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari bangsa kita,” tutur Menag.

Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, dimana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain. Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama.

 “Dirgahayu 75 Tahun Kementerian Agama. Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan, segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan Negara,” tandas Menag.

Menag mengimbau untuk senantiasa berdoa semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, melimpahkan rahmat, taufiq dan ampunan-Nya kepada kita semua. Aamiin. (Foto Fauzi/Eko Wahyudin)

Respond For " Upacara HAB ke-75 Kemenag di MAN 3 Kediri, Menag: Indonesia Rukun "

Sorry, comments are closed for this post.