Kab. Kediri (MAN 3) – Me-launching 6 MA Plus Keterampilan di MAN 3 Kediri, Selasa (13/10) Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Pendma) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur H. M. Syamsuri menuturkan, madrasah juga harus mengembangkan kecerdasan keterampilan.

Enam MA Plus Keterampilan yang di-launching adalah MAN 1, 2, 3, 4, 5 dan MA Jabal Nuur  Kediri. Acara yang menerapkan protokol kesehatan tersebut dihadiri oleh seluruh kepala MA didampingi 5 guru keterampilan, pengawas, kepala MTsN dan MIN se-Kabupaten Kediri, komite dan sekolah di sekitar MAN 3 Kediri.

Menurut Kabid Pendma, selain kecerdasan religi, madrasah juga harus diimbangi dengan kecerdasan keterampilan. Vokasi adalah salah satu cara pengembangan madrasah. Hasil sebuah penelitian menunjukkan, lulusan madrasah aliyah 30% melanjutkan kuliah 5% ke pesantren.

“Inilah tujuan kita membekali siswa-siswi madrasah untuk mengembangkan dirinya melalui bidang keterampilan,” jelasnya.

Kabid Pendma mengimbau agar para guru madrasah bersemangat untuk menjadikan madrasah mampu bersaing dengan sekolah formal lain.

Mengawali sambutan Kabid Pendma, Kasi Pendma Kantor Kemenag Kab. Kediri Enim Hartono melaporkan,  di  wilayah kerjanya memiliki sebanyak 657 lembaga. Beberapa lembaga sudah merekayasa kurikulum salah satunya adalah MA Plus Keterampilan untuk mengembangkan potensi lokal sehingga nanti madrasah memiliki keunggulan.

“Ini demi melayani masyarakat terkait dengan program madrasah plus keterampilan,” paparnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Kediri Zuhri mengutip KMA No 24 yang merupakan inovasi madrasah menuju madrasah keterampilan. Ini sesuai dengan Fastabiqul Khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan.  Tujuannya, membekali siswa-siswi agar memiliki Life Skill ketika sudah lulus kelak.

“Saya yakin selain anak-anak selain memiliki pondasi agama, mereka juga memiliki keterampilan yang bermanfaat sehingga mampu berinovasi dan berkreasi,” tandasnya.

Ditemui usai acara, Kepala MAN 3 Kediri Moh. Maksun menyampaikan 4 program keterampilan di madrasah yang dipimpinnya yakni Tata Busana,Tata Boga, Tata Kecantikan Kulit dan Rambut serta Desain Grafika.

Alhamdulillah, launching berjalan lancar. Terima kasih kepada Bapak Kabid Pendma, Kepala Kantor dan Kasi Pendma Kemenag Kabupaten Kediri serta semua tamu undangan. Semoga acara ini barokah bagi kita bersama,” pungkasnya. (KA/EW)