Guru MAN 3 Kediri Ikuti Webinar  Produktif di Masa New Normal Kemenag Kabupaten Kediri

Kab. Kediri (MAN 3) – Sebanyak  64 guru MAN 3 Kediri mengikuti Webinar  Produktif di Masa New Normal Kemenag Kabupaten Kediri bersinergi dengan Bimbingan  dan Motivasi Belajar (BMB) Airlangga, Kamis (2/7).

Eko Wahyudin, Guru Bahasa Inggris MAN 3 Kediri melaporkan, webinar tersebut diikuti sebanyak 712 guru MI, MTs dan MA serta sejumlah pengawas se-Kediri raya. Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Zuhri tersebut menampilkan 2 narasumber, Grienny Nuradi, Manajer BMB Airlangga Pusat dan Enim Hartono, Kasi Pendma Kantor Kemenag Kabupaten Kediri.

Diantara materi yang disampaikan Grienny adalah Blended Learning yakni  gabungan  pembelajaran yang dilakukan secara tatap-muka dan secara virtual, sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online. Sebagi sarana pembelajaran tersebut diperlukan  smarphone, laptop dan kuota,  silabus dan tujuan pembelajaran serta interaksi. Selain itu, guru dituntut mampu mengoperasikan  berbagai media dan bersinergi dengan siswa dan orang tua.

“Kalau ingin harga diri anda tinggi, teruslah bergerak dan berkarya, jangan males. Have fun, InsyaAllah yang bapak, ibu ajarkan adalah amal jariyah yang tidak sia-sia,” paparnya.

Kasi Pendma Enim Hartono menyampaikan Kebijakan New Normal  pada Bidang Pendidikan di Madrasah. Diantaranya, kegiatan pembelajaran tetap berpedoman pada kalender pendidikan madrasah. Madrasah dapat melakukan modifikasi dan inovasi KTSP dalam bentuk struktur Kebijakan, beban belajar, strategi pembelajaran dan penilaian dan lain sebagainya. Misal satu hari 2/3 mata pelajaran yang diajarkan. Peserta didik mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran dari madrasah baik tatap muka maupun bimbingan oleh guru atau orang tua.

“Belajar dari rumah tidak harus memenuhi KI dan KD, tetapi ditekankan pada pengembangan karakter, akhlak mulia, ubudiyah , kemandirian dan keshalehan sosial. Pembelajaran wajib mempertimbangkan terjaganya kesehatan, keamanan, dan keselamatan civitas akademika madrasah,” pungkasnya. (OK)

Respond For " Guru MAN 3 Kediri Ikuti Webinar  Produktif di Masa New Normal Kemenag Kabupaten Kediri "

Sorry, comments are closed for this post.