Halal Bihalal Online MAN 3 Kediri, Hj. Maslihah: Hablum Minallah Wa Hablum Minannas

Kab. Kediri (MAN 3)- Halal Bihalal Online Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) MAN 3 Kediri berlangsung Kamis (28/5).  Acara tersebut diikuti  sebanyak 70 GTK madrasah jalan Jombang Kasreman Kandangan Kabupaten Kediri.

Pada acara Mauidhoh Hasanah, Hj. Maslihah menyampaikan  Hablum Minallah Wa Hablum Minannas. Islam mengajarkan hubungan  harmonis yang akan membawa kemuliaan dan keselamatan dunia dan akhirat yaitu tata hubungan yang mengatur antara manusia dengan Tuhannya dalam hal ibadah (hablum minallah). Juga, hubungan yang mengatur antara manusia dengan makhluk yang lainnya dalam wujud amaliyah sosial (Hablum Minannas).

Untuk membangun hubungan kita kepada Allah, kita mempunyai kewajiban untuk menunaikan hak-hak Allah diantaranya mentauhidkan dan tidak menyekutukan-Nya dengan yang lain serta menjalankan syariat Allah. Misalnya: sholat, puasa, zakat dan sebagainya. Hablum minallah perwujudannya adalah sosok mu’minin yang taat melaksanakan perintah-perintah Allah, hidupnya merasa bergantung kepada Allah serta selalu berdoa dan berdzikir karena mengandalkan pertolongan Allah.

Terkait dengan Hablum Minannas,  ditunjukkan dengan perintah berbuat baik kepada kedua orang tua,kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh dan teman sejawat.

“Mari kita tingkatkan rasa saling asih, asah dan asuh khususnya di madrasah  dan lingkungan kita sebagai perwujudan Hablum Minannas,” tuturnya.

Kepala MAN 3 Slamet Hariyanto mengapresiasi keikutsertaan GTK madrasah yang dipimpinnya dalam acara yang diadakan mulai pukul 8 pagi tersebut.

“Secara kelembagaan maupun pribadi, di kesempatan ini saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin,” pungkasnya. (OK)

Respond For " Halal Bihalal Online MAN 3 Kediri, Hj. Maslihah: Hablum Minallah Wa Hablum Minannas "

Sorry, comments are closed for this post.