MAN 3 Kediri Ngaji Kitab Bidayatul Hidayah, Gus Imam: Adab Tidur

Kab. Kediri (MAN 3) – Sebanyak 80 guru dan tenaga Kependidikan MAN 3 Kediri ngaji Kitab Bidayatul Hidayah bareng Gus Imam panggilan akrab K.H. Imam Baihaqi, Pengasuh pondok pesantren Ma’hadut Tholabah Kebondalem Kandangan. Bertempat di ruang guru madrasah jalan Jombang Kasreman Kandangan, Jumat (6/3) Gus Imam  menyampaikan Adab Tidur. Ngaji dengan menggunakan bahasa Jawa krama inggil tersebut dialihbahasakan oleh Waka Humas Eko Wahyudin.  Berikut ini rangkumannya.

Jika engkau ingin tidur, hamparkan tempat tidurmu dengan menghadap kiblat. Lalu tidurlah di atas sisi kananmu seperti tidurnya mayit di liang kuburnya. Ketahuilah bahwa tidur adalah bagaikan kematian dan terjaga adalah bagaikan bangkit.

Bisa jadi, Allah menggenggam rohmu di malam itu. Maka dari itu, bersiap-siaplah untuk menghadapinya dengan tidur dalam keadaan suci dan usahakan agar wasiatmu telah tertulis di bawah kepalamu. Engkau tidur seraya bertobat dan meminta ampunan dari semua dosa dengan tekad tidak akan berbuat maksiat lagi.

“Bertekadlah untuk berbuat baik kepada semua muslim jika Allah membangunkanmu. Ingatlah bahwa engkau akan berbaring di liang kubur seperti itu seorang diri, hanya ditemani oleh amalmu. Engkau hanya akan dibalas sesuai dengan amal perbuatanmu itu,” tutur Gus Imam.

Jangan sampai engkau menghendaki tidur yang banyak dengan menghampar kasur empuk karena tidur adalah menghentikan kehidupan. Kecuali, jika bangunmu justru menjadi bencana bagimu sehingga tidur tersebut lebih membuat agamamu selamat.

Ketahuilah bahwa malam dan siang seluruhnya berjumlah dua puluh empat jam. Jangan sampai tidurmu sepanjang siang dan malam lebih dari delapan jam. Karena, jika engkau berumur sekitar enam puluh tahun cukup bagimu membuang dua puluh tahun darinya, atau sepertiga dari umurmu itu.

“Ketika tidur, kembalilah bersiwak dan bersuci. Bertekadlah untuk bangun malam atau bangun sebelum subuh. Dua rakaat di tengah malam merupakan salah satu harta kekayaan yang berharga mulia. Perbanyaklah harta kekayaanmu itu guna menghadapi hari miskinmu. Sebab, harta kekayaan dunia sama sekali tak akan berguna jika engkau binasa,” pungkas Gus Imam. (OK)

 

 

Respond For " MAN 3 Kediri Ngaji Kitab Bidayatul Hidayah, Gus Imam: Adab Tidur "

Sorry, comments are closed for this post.