Siswa MAN 3 Kediri Jaka Batik Terfavorit 2020

Kab. Kediri (MAN 3)- Tria Nur Akbar kelas XI MIPA 2 dinobatkan sebagai Jaka Batik Terfavorit dalam ajang Awarding School Contest 2020 di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Sabtu (29/2).

Alhamdulillah, terima kasih kepada bapak dan ibu orang tua, guru dan tenaga kependidikan (gtk) MAN 3 Kediri dan semua yang telah memberikan dukungan polling,” kata Akbar usai acara penobatan  bersama guru pendamping Fatati Nuriana.

Menurut Akbar, ia sebelumya telah melewati audisi yang berlangsung di Ruang Brantas, kantor Jawa Pos Radar Kediri. Kemudian, dipilih 20 finalis, 10 jaka dan 10 gadis batik. Dalam audisi tersebut, para peserta  tidak hanya menunjukkan kemampuan berjalan  di catwalk saja, tetapi juga menerangkan tentang busana batik yang dikenakan.

“Kemampuan public speaking dan penguasaan sejarah batik juga masuk dalam penilaian,” terang Akbar.

Akbar menambahkan, ia bersama para  finalis juga berkesempatan untuk belajar membuat batik di rumah mode Joglo Suminar Jalan Ki Hajar Dewantoro, Desa Sekoto, Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.

Kepala MAN 3 Slamet Hariyanto melalui Waka Humas Eko Wahyudin mengapresiasi prestasi siwa jaka batik terfavorit dan pembimbingnya. Menurutnya, wujud kecintaan MAN 3 kepada batik, dengan mengenakannya setiap Selasa bagi siswa-siswi dan Kamis hinga sabtu bagi gtk.

“Batik sudah mendunia, UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. Untuk itu, kami bangga berbusana batik,” pungkasnya. (OK)

Respond For " Siswa MAN 3 Kediri Jaka Batik Terfavorit 2020 "

Sorry, comments are closed for this post.