MAN 3 Kediri Tandatangani Komitmen Lintas Sektor

Kab. Kediri (MAN 3) – Waka Sarpras Agus Anang Luthfi mewakili Kepala MAN 3 Slamet Hariyanto menandatangani komitmen lintas sektor untuk menanggulangi pernikahan dini, menggerakkan program KB dan menanggulangi DBD. Penandatanganan tersebut berlangsung di Puskesmas Kandangan, Rabu (26/2).

Agus melaporkan, turut dalam penandatanganan tersebut Camat, Danramil dan Kapolsek serta sejumlah kepala sekolah TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, perwakilan ormas NU, Muhammadiyah dan  lintas agama di Wilayah Kecamatan Kandangan.

Mengutip pernyataan Kepala Puskesmas Kandangan drg. Elva Lailatin Nafiah, cara mencegah pernikahan dini diantaranya  dengan pelatihan keterampilan vokasional agar anak-anak yang berisiko mengalami pernikahan dini memiliki aktivitas yang berpenghasilan. Pelatihan pengetahuan mengenai kesehatan seksual dan reproduksi.

“Kampanye berupa penyebaran informasi dan edukasi mengenai pernikahan dini, sekolah, hak dan kewajiban anak juga diperlukan,” jelasnya.

Masih menurut Kepala Puskesmas Kandangan, program KB adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, serta peningkatan kesejahteraan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Terkait dengan pencegahan DBD, drg. Elva Lailatin Nafiah berpesan untuk mensterilkan rumah dan lingkungan sekitar, misalnya dengan penyemprotan pembasmi nyamuk (fogging). Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati.

“Jangan lupa untuk menutup, membalik, atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah kita,” pungkasnya. (OK)

 

 

Respond For " MAN 3 Kediri Tandatangani Komitmen Lintas Sektor "

Sorry, comments are closed for this post.