Visitasi Disarpus Kab. Kediri ke Perpus MAN 3

Kab. Kediri (MAN 3) – Perwakilan Dinas Kearsipan dan  Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten  Kediri, Arifin, Eviana dan  Sri Hidayati melaksanakan visitasi ke Perpustakaan MAN 3, Rabu (12/2).

Kepala Perpustakaan Susi Hariyati didampingi Pustakawan Achmad Dahlan menjelaskan Otomasi Perpustakaan MAN 3 Kediri yang menggunakan bantuan Teknologi informasi (TI). Sistem Otomasi Perpustakaan atau Library Automation System adalah software yang beroperasi berdasarkan pangkalan data untuk mengotomasikan kegiatan perpustakaan. Dengan otomasi perpustakaan proses pengolahan data koleksi perpustakaan menjadi lebih akurat dan cepat untuk ditelusuri kembali.

“Otomasi Perpustakaan (Library Automation) merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk kegiatan-kegiatan perpustakaan meliputi pengadaan, pengolahan, penyimpanan dan menyebarluaskan informasi juga mengubah sistem perpustakaan manual menjadi sistem perpustakaan yang terkomputerisasi,” paparnya.

Perwakilan Disarpus Arifin berharap, perpustakaan MAN 3 Kediri dapat semakin mengoptimalkan minat baca warga madrasah, tidak hanya siswa-siswi saja tetapi juga guru dan tenaga kependidikan.

“Dengan demikian, sumber daya manusia bangsa Indonesia semakin meningkat seiring dengan minat baca yang tinggi,” ungkapnya.

Karena urusan dinas luar Kepala MAN 3 Slamet Hariyanto melalui Waka Humas Eko Wahyudin menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih kepada Disarpus Kab. Kediri atas visitasinya. Ia berharap perpustakaan madrasah yang dipimpinnya terakreditasi. Ia menyadari, perpustakaan merupakan bagian integral dari madrasah berfungsi sebagai salah satu pusat sumber belajar bagi warga madrasah dalam rangka mendukung tercapainya tujuan pendidikan.

“Perpustakaan MAN 3 berusaha untuk menyediakan berbagai sumber belajar dalam berbagai format koleksi yang dimiliki. Koleksi perpustakaan tersebut akan menjadi sarana untuk melakukan kegiatan pengembangan dan peningkatan minat baca, melatih kemampuan literasi informasi peserta didik, menunjang bakat serta kemampuan peserta didik,” pungkasnya. (OK)

Respond For " Visitasi Disarpus Kab. Kediri ke Perpus MAN 3 "