PMR MAN 3 Kediri  Ikuti Penyegaran Pelatih Tingkat Wira

Kab. Kediri (MAN 3) Pelatih Palang Merah Remaja (PMR) MAN 3 Kediri Nila Rohiatul Jannah dan Khadibil Adhar mengikuti Penyegaran Pelatih Tingkat Wira di PMI  Kabupaten Kediri Jl. Wahidin Sudiro Husodo No.2 Cangkring, Pelem Kec. Pare Kediri, Selasa (10/12).

Menurut Khadibil, kegiatan tersebut bertujuan untuk me-refresh  dan meningkatkan kualitas pelatih PMR dan diikuti oleh seluruh pelatih PMR SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Kediri.

Dalam kegiatan tersebut peserta dibagi menjadi 2, untuk Pertolongan Keluarga (PK) berada di dalam ruangan sedangkan untuk Pertolongan Pertama (PP) berada di luar ruangan karena langsung praktik di lapangan untuk melewati halang rintang.

“Acara ini sangat bagus karena memberikan pengalaman yang bermanfaat untuk seluruh peserta, baik yang sudah berpengalaman dengan dunia ke-PMR-an maupun yang masih belum berpengalaman,” jelas Khadibil.

Nila menambahkan, PK meliputi memandikan, membantu Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK), cuci tangan memakai celemek, menata tempat tidur, ukur suhu tubuh dan kompres panas dingin dan tekanan darah.

“PP meliputi memberikan pertolongan pertama meliputi cek kesadaran, penanganan luka ringan dan evakuasi ke rumah sakit terdekat,” imbuh Nila.

Kepala MAN 3 Slamet Hariyanto melalui Waka Humas Eko Wahyudin mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, PMR di madrasah yang dipimpinnya berperan aktif dalam memberikan pertolongan dengan cepat dan tepat bila ada teman yang sakit atau kecelakaan ringan.  Selain itu, PMR MAN 3 Kediri menolong dan menggalang dana untuk korban bencana dengan meminta sumbangan siswa-siswi dan madrasah. PMR mengajarkan tolong-menolong.

“Terima kasih bapak dan ibu pelatih, serta anak-anak PMR. Lanjutkan juga aksi-aksi sosial seperti donor darah, kerja bakti membersihkan lingkungan dan membantu kegiatan UKS,” pungkasnya. (OK)

Respond For " PMR MAN 3 Kediri  Ikuti Penyegaran Pelatih Tingkat Wira "