Dinsos Goes to MAN 3 Kediri, Narasumber : Hindari Pernikahan Dini

Kab. Kediri (MAN 3): Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kediri goes to MAN 3 Kediri, Rabu (13/11). Sosialisasi Pencegahan Kekerasan dan Perlakuan Salah pada Anak itu berlangsung di Aula Madrasah Jalan Jombang Kandangan diikuti sekitar 400 peserta, 125 dari MAN 3 dan selebihnya dari MA lain.

Pengawas Kemenag Kab. Kediri Yaqutatun Hamroh menjadi salah satu narasumber kegiatan tersebut. Ia menyampaikan materi pernikahan dini. Menurutnya, pernikahan adalah suatu bentuk ibadah dimana seorang laki-laki dan perempuan malakukan akad yang bertujuan untuk mendapatkan kehidupan yg sakinah (tenang, tenteram), mawaddah (saling mencintai dengan penuh kasih sayang), warahmah (kehidupan yang penuh berkah dan diridhai Allah swt) guna mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Masih menurut Yaqut, pernikahan dini seyogianya dihindari karena akan berdampak kurang baik pada keturunan maupun kesiapan baik secara fisik maupun mental serta kesiapan materi. Jika hal itu terjadi akan menimbulkan masalah dalam rumah tangga.. Pernikahan harus terbebas dari kekerasan fisik, psikis, seksual, penelantaran, selingkuh dsb.

“Mari kita sepakat bersama, khususnya anak MA semuanya untuk menghindari pernikahan dini, oke?” imbau Yaqut yang diamini peserta kegiatan.

Sementara itu, Kepala Madrasah Slamet Hariyanto melalui waka Humas Eko Wahyudin menegaskan, MAN 3 Kediri adalah madrasah ramah anak. Madrasah dimana siswa-siswi merasa nyaman dan aman saat belajar.

“Sudah menjadi komitmen kami, di mata madrasah semua anak memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa perbedaan,” pungkas Eko. (OK)

Respond For " Dinsos Goes to MAN 3 Kediri, Narasumber : Hindari Pernikahan Dini "