MAN 3 Kediri Belajar Demokrasi lewat Pemilihan Ketua OSIS

Kab. Kediri (MAN 3) – MAN 3 Kediri belajar demokrasi lewat Pemilihan Ketua OSIS. Agenda rutin tahunan tersebut berlangsung di Aula Madrasah Jalan Jombang Kasreman Kandangan, Kamis (19/9/2019).

Menurut Ketua Komisi Pemilihan OSIS (KPO) Nauval Mujahid XII Agama 2,  tahapan Pemilihan Ketua OSIS MAN 3 meliputi Rapat Pembentukan Panitia, Kamis (15/8), Distribusi Formulir Pendaftaran dan Sosialisasi, Kamis (5/9), Pengumpulan Formulir Pendaftaran, Sabtu (7/9), Tes Tulis, Senin (9/9), Tes Wawancara, Selasa (10/9).

Nauval menambahkan, Tes Mental, Fisik dan Pengumpulan Kandidat Ketua OSIS berlangsung Rabu-Jumat (11-13/9). Orasi dan Kampanye serta Debat Kandidat, Senin dan Selasa (16-17/9). Calon Ketua OSIS MAN 3 adalah Nadia Aulia Farras XI IPS 4, Lucky Ananta X IPS 3, Hisyam Rahman F. XI MIPA 4 dan Siti Aisyah Sendang P. XI MIPA 2.

“Hari ini, Kamis (19/9) seluruh siswa-siswi, Guru dan Tenaga Kependidikan MAN 3 menentukan pilihannya,” jelas Nauval yang akan digantikan oleh ketua OSIS terpilih.

Kepala MAN 3 Slamet Hariyanto melalui Waka Humas Eko Wahyudin menuturkan, Pemilihan Ketua OSIS periode 2019/2020 merupakan kesempatan bagi siswa-siswi untuk belajar demokrasi secara bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Siswa-siswi  berkesempatan untuk memilih dan menyalurkan aspirasi sesuai dengan hati nurani masing-masing tanpa ada paksaan dari pihak  manapun. Selain itu, pemilihan mengajarkan kepada para siswa-siswi tentang kebebasan untuk menyatakan pendapat. Dengan begitu proses pembelajaran demokrasi yang sesungguhnya bisa diaktualisasikan dengan baik,” pungkas Eko. (OK)

 

 

 

Respond For " MAN 3 Kediri Belajar Demokrasi lewat Pemilihan Ketua OSIS "