Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, MAN 3 Kediri Gelar Istighosah

Kab. Kediri (MAN 3) – Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, MAN 3 Kediri menggelar Istighosah di masjid madrasah jalan Jombang Kasreman Kandangan, Senin (2/9/2019).

Istighosah dengan MC Surya Alam kelas XII MIPA 3 dimulai setelah shalat Duha. Usai pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran oleh Nanang Maulana Maskur XI IPS 4, Plh. Kepala MAN 3 Suyatno memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia mengajak seluruh guru dan tenaga kependidikan (gtk) serta siswa-siswi MAN 3 untuk berbuat lebih baik. Ia juga mengisahkan sejarah Indonesia yang berhijrah dari masa perjuangan hingga meraih kemerdekaan.

Selain itu, Suyatno juga menceritakan sejarah hijrahnya MAN 3 dari sebuah madrasah swasta, menjadi filial MAN purwoasri hingga dinegerikan dengan nama MAN Kandangan kemudian berubah nama menjadi MAN 3 Kediri. Hijrahnya MAN 3 Kediri juga dibarengi dengan hijrah berpindah-pindah tempat.

“Secara kuantitas MAN 3 madrasah terbesar di Kabupaten Kediri. Semoga madrasah kita semakin baik tidak hanya kuantitasnya tetapi juga kualitasnya. Mari berhijrah dengan menjadikan madrasah kita lebih baik lagi” imbaunya.

K.H. Bahruddin Imam Istighosah dalam tausiyah sebelum istighosah mengklasifikasikan hijrah menjadi dua yakni  hijrah lahiriyyah/fisik/tempat dan hijrah batin/hijrah rohani dan hijrah spiritual.

Hijrah lahiriyyah/fisik/tempat adalah berpindah dari negeri kafir menuju negeri islam, berpindah dari negeri yang penuh dengan kekacauan dan kemaksiatan menuju negeri yang aman dan penuh ketaatan.

“Hijrah batin/hijrah rohani dan hijrah spiritual adalah meninggalkan perbuatan maksiat dan dosa segala yang dilarang oleh Allah dan Rasul-Nya menuju ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya,” jelas K.H. Bahruddin.

Istighosah peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H ditutup dengan doa oleh KTU MAN 3 Kediri Gus Hudi Santosa. Setelah itu, gtk dan siswa-siswi melaksanakan kegiatan masing-masing. (OK)

 

Respond For " Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H, MAN 3 Kediri Gelar Istighosah "