Shalat Idul Adha MAN 3 Kediri, Khatib K.H. Bahruddin : Kurban Menyembelih Egoisme dan Ketamakan

Kab. Kediri (MAN 3) : Shalat Idul Adha MAN 3 Kediri berlangsung di masjid madrasah jalan Jombang Kandangan, Minggu (11/8/2019). Khatib K.H. Bahruddin diantaranya menyampaikan, kurban menyembelih egoisme dan ketamakan.

Dalam khutbahnya K.H. Bahruddin menjelaskan, ibadah kurban memang menekankan latihan ketaqwaan. Mengikhlaskan sebagian harta demi kepentingan umat. Memotong kuasa setan dalam aliran darah manusia yang secara simbolis dilambangkan dengan memotong hewan kurban.

“Yang terpenting, kesemuanya bernilai ibadah sosial maupun individual. Utamanya, bahwa yang diterima Allah dari kurban adalah ketaqwaan bukan darah atau dagingnya,” paparnya.

Shalat Idul Adha dengan imam K.H. Abdur Rosyad dan bilal Surya Alam XII MIPA 3 tersebut diikuti seluruh siswa-siswi, guru dan tenaga kependidikan (gtk) beserta keluarganya. Jemaah shalat meluber hingga sebagian jemaah putri shalat di aula madrasah.

 

Kepala MAN 3 Kediri Slamet Hariyanto melalui Waka Humas Eko Wahyudin menuturkan, usai shalat Idul Adha dan menyimak khutbah, siswa-siswi ber-mushafahah (jabat tangan) dengan gtk dan teman-teman mereka laki-laki dengan laki-laki, prerempuan dengan perempuan.

“Untuk penyembelihan hewan kurban sebanyak 2 ekor sapi akan dilaksanakan besok Senin (12/8) dan sebagian daging dibagikan ke kelas-kelas untuk acara lomba memasak daging kurban,” pungkas Eko. (OK)

Respond For " Shalat Idul Adha MAN 3 Kediri, Khatib K.H. Bahruddin : Kurban Menyembelih Egoisme dan Ketamakan "