Tim Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri Gagal Melihat Hilal Karena Mendung

Tim Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri Gagal Melihat Hilal Karena Mendung

Kab.Kediri (MAN3) – Tim Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri gagal melihat hilal  di Markas Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri Jalan Jombang Kasreman Kandangan Kabupaten Kediri, Minggu (5/5/2019) sore.

Hilal tidak terlihat dari markas MAN 3 Kediri , karena tertutup mendung. Padahal posisinya sudah 5 derajat, minimal 2 derajat itu bisa dilihat,” ungkap Gus Reza Zakaria, Penanggung Jawab Rukyatul Hilal.

 Menurut Gus Reza, Rukyatul Hilal merupakan kriteria penentuan awal bulan (kalender) Hijriyah dengan merukyat (mengamati) hilal secara langsung pada penetapan awal Ramadhan 1440 H. Rukyatul Hilal dimulai jam 3 sore dan selesai setelah magrib,” jelasnya

“Dilakukan di markas MAN 3 karena titik lokasi ini sudah ditetapkan oleh Kementerian Agama untuk penetapan awal bulan Qomariyah, Ramadhan, Syawal, dan bulan hijriah lainnya,” imbuh Gus Reza.

Pemantauan hilal, diikuti oleh ratusan orang, melibatkan pemerintah yang diwakili Kementerian Agama, Pemkab Kediri, Ormas Islam, Santri dari sejumlah pesantren di Kabupaten dan Kota Kediri yang mempelajari ilmu falak, Pegiat Rukyat, Kepala, Guru dan Tenaga Kependidikan serta Pengurus OSIS MAN 3 Kediri.

“Peserta banyak, selain memang ingin melihat langsung bagaimana prosesnya juga ingin belajar langsung,” ucap Gus Reza.

Dijelaskan Gus Reza, dalam Rukyatul Hilal menggunakan konsep wilayatul hukmi yang memberlakukan penentuan awal bulan untuk satu wilayah hukum (pemerintahan). Hal tersebut merupakan salah satu konsep matlak (wilayah keberlakuan penentuan awal bulan Qomariah) yang memberlakukan penentuan awal bulan sama dalam satu wilayah hukum/pemerintahan

“Wilayah Indonesia kan membentang mulai Aceh hingga Papua, jadi meskipun hilal terlihat hanya di satu lokasi saja sudah sah esok hari melaksanakan puasa,” terang Gus Reza.

Seperti diketahui, Pemerintah telah mengumumkan hasil sidang isbat penentukan awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Sidang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019) sekitar pukul 18.50 WIB.

Pemantauan hilal dilakukan di 102 titik   Rukyatul Hilal  dari 34 provinsi di Indonesia, salah satunya di Markas Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri Jalan Jombang Kasreman Kandangan Kabupaten Kediri (OK)

Respond For " Tim Rukyatul Hilal MAN 3 Kediri Gagal Melihat Hilal Karena Mendung "