MAN 3 KEDIRI

Buktikan Komitmen, Ucapkan Ikrar Anti Narkoba


05 September 2015   Web Administrator   17:33:22 WIB   komentar

AKBP Lilik Dewi Indrawati ketika membacakan ikrar dan diikuti oleh seluruh warga MAN 3 Kediri

KEDIRI KOTA - Semua orang tahu bahwa negara dan agama melarang narkoba untuk dikonsumsi. Selain karena dampak yang ditimbulkan, narkoba juga dapat merusak moral bangsa, khususnya generasi muda. Tidak sedikit pengguna narkoba adalah usia remaja karena mudahnya para remaja terjerumus dengan barang haram ini. Mental yang belum stabil merupakan faktor utama penentu arah kemana generasi muda ini melangkah. Oleh karena itu, para remaja butuh pengawasan dan pengarahan dari orang-orang disekitarnya.

Badan Narkotika Nasional adalah salah satu lembaga negara yang menangani segala hal yang berkaitan dengan kasus narkoba seperti pencegahan, penanganan dan penindakannya. Salah satu usaha BNN dalam mencegah tersebarnya narkoba dikalangan remaja adalah dengan mengadakan lomba Sekolah Anti Narkoba.

MAN 3 Kediri dipilih sebagai Sekolah Anti Narkoba SMA/MA sederajat untuk mewakili Kota Kediri maju di tingkat provinsi. Kemarin (1/9) seluruh warga sekolah MAN 3 Kediri mengucapkan ikrar yang berisikan bahwa MAN 3 Kediri bersih dari narkoba dan seluruh warga sekolah berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penindakan terhadap penyalahgunaan narkoba. Kepala Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri Sja’roni mengatakan, bahwa Sekolah Anti Narkoba bukan semata-mata untuk mencari gelar saja, akan tetapi untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas.  Alasan dipilihnya MAN 3 Kediri untuk mewakili Kota Kediri karena sekolah ini dari segi jumlah memiliki siswa yang banyak dan bersemangat dalam mendukung program pemerintah ini. “Tidak hanya muridnya saja tetapi seluruh guru dan karyawan juga bersemangat,” kata AKBP Lilik Dewi Indrawati. “MAN 3 Kediri layak untuk maju di tingkat provinsi dan dijadikan sekolah percontohan yang bebas dari narkoba”, tambahnya.

Apel ikrar Sekolah Anti Narkoba ini dilaksanakan Selasa pagi di Lapangan Belakang MAN 3 Kediri dan dipimpin langsung oleh Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Lilik Dewi Indrawati. Sebelum apel dimulai, para tamu undangan disambut oleh Banjari MAN 3 Kediri. Kepiawaian para siswa dalam memainkan rebana membuat para tamu undangan merasa takjub. “Saya kagum terhadap siswa MAN 3 Kediri yang piawai memainkan rebana”, tutur Binti Munawaroh, salah satu tamu undangan. Selain banjari, ada 22 ekstrakurikuler lain yang ikut berpartisipasi dalam apel tersebut untuk memperkenalkan ekstrakurikuler yang ada di MAN 3 Kediri kepada tamu undangan.

Ikrar dibacakan oleh pemimpin upacara dan serentak diikuti oleh ribuan siswa, guru, komite, dan tamu undangan. “Jujur, saya sampai merinding ketika merasakan semangat dari peserta apel MAN 3 Kediri dalam berikrar tadi”, ungkap AKBP Lilik Dewi Indrawati. Setelah pengucapan ikrar, dilanjutkan dengan drama teatrikal dengan tema memerangi penyalahgunaan narkoba yang dimainkan dengan apik oleh puluhan siswa-siswi.

 

komentar ditutup